Dominan, Argentina Hantam AS 4-0 dan Melaju ke Final

Lavezzi

Argentina memastikan diri tampil di final Copa America Centenario 2016, setelah mengandaskan tuan rumah Amerika Serikat dengan skor telak 4-0.

Pada laga semifinal yang dihelat di Reliant Stadium, Houston, Rabu (22/6/2016) pagi WIB, Argentina tampil sangat dominan dengan 68 persen ball possesion. ESPN bahkan mencatat mereka tak memberi AS kesempatan melepaskan satu pun attempts sepanjang 90 menit.

Sementara itu, Argentina punya 11 attempts dengan tujuh tepat sasaran dan empat di antaranya menjadi gol. Ezequiel Lavezzi dan Lionel Messi di babak pertama serta Gonzalo Higuain (dua gol) di babak kedua.

Hasil ini mengantarkan Argentina melaju ke final dan tinggal menunggu pemenang semifinal lainnya antara Chile dan Kolombia.

Jalannya Pertandingan

Baru tiga menit laga berjalan, Argentina sudah unggul duluan lewat gol Ezequiel Lavezzi. Umpan panjang dari Lionel Messi menemui Lavezzi di kotak penalti dan tanpa kawalan berarti, sundulannya berhasil menaklukkan Brad Guzan di bawah mistar.

Argentina benar-benar mengurung pertahanan AS dan tak memberikan kesempatan sekalipun tuan rumah mengembangkan permainan, Di menit ke-15, Messi melewati hadangan empat pemain sebelum melepaskan sepakan kaki kiri yang masih bisa ditepis Guzan.

Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh Argentina namun lini pertahanan AS beruntung masih bsia meredamnya. Sampai di menit ke-32, AS kembali kebobolan gol oleh Argentina.

Kali ini Messi sendiri yang mencatatkan namanya di papan skor usai sepakan bebasnya di depan kotak penalti meluncur mulus ke pojok atas gawang Guzan.

Tak ada gol lagi tercipta hingga turun minum dan Argentina tetap memimpin dengan skor 2-0. Sebagai catatan, AS sama sekali tak membuat satu pun attempts on target di babak pertama.

Masuk di babak kedua, Argentina masih belum mengendurkan tekanan dan langsung menekan AS. Baru lima menit babak ini dimulai, Argentina memaksa Guzan memungut bola untuk ketiga kali dari gawangnya sendiri.

Usai memenangi duel dengan bek AS, Higuain sebenarnya bisa melepaskan tembakan yang dibendung oleh Guzan. Bola muntah langsung diambil Higuain dan lantas memutari Guzan sebelum menyarangkan bola ke gawang.

Argentina dapat kans lagi di menit ke-77 dari sebuah serangan balik. Namun, Erik Lamela yang menerima bola terakhir malah menembak melebar dari sasaran.

Gol keempat Argentina hadir di menit ke-86 yang dicetak oleh Higuain. Messi mengobrak-abrik pertahanan AS dan tinggal berhadapan dengan kiper, Messi malah mengoper kepada Higuain yang mudah saja menyontek bola ke gawang untuk mencatatkan gol keduanya di laga ini.

Empat menit sebelum itu Messi juga melakukan solo run serupa tapi tembakannya berhasil digagalkan Guzan.

Tak ada lagi gol tercipta dan Argentina pun melaju ke final Copa America untuk dua edisi beruntun, setelah menang 4-0 atas AS.

Susunan Pemain

AS: Guzan; Yedlin, Cameron, Brooks, Johnson; Zusi, Bradley, Beckerman (Birnbaum 60′), Zardes; Wondolowski (Pulisic 46′), Dempsey (Nagbe 78′).

Argentina: Romero; Mercado, Otamendi, Funes Mori, Rojo (Cuesta 84′); Augusto (Biglia 59′), Mascherano, Banega; Messi, Lavezzi (Lamela 67′), Higuain.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*