Rooney Urung Pensiun Dini dari Timnas Inggris

Pil pahit yang harus ditelan Inggris pada Piala Eropa 2016 Perancis belum menyurutkan asa Wayne Rooney untuk pensiun. Striker 30 tahun itu mengaku sudah tak sabar untuk bertemu dengan manajer baru pengganti Roy Hodgson yang resmi undur diri.

Hodgson meletakkan jabatan pelatih kepala The Three Lions menyusul kekalahan 1-2 dari Islandia di babak 16 besar Piala Eropa 2016, Selasa (28/6) dini hari WIB.

Langkah Hodgson tak diikuti oleh Rooney selaku kapten tim. Bintang Manchester United itu masih mengincar satu tempat di timnas Inggris hingga Piala Dunia 2018.

“Seperti saya katakan sebelum turnamen (Piala Eropa), saya bangga bermain untuk Inggris dan sangat bersemangat melihat siapa manajer selanjutnya. Dan, saya siap tampil jika kembali terpilih,” kata Rooney.

Meski begitu, Rooney tidak menyalahkan Hodgson atas kekalahan yang menimpa Inggris. Bagaimanapun, Hodgson dianggap berjasa membawa para pemain muda ke dalam skuat Tiga Singa.

Rooney mengawali kariernya bersama timnas Inggris pada 2003 di bawah asuhan pelatih Sven-Goran Eriksson. Kala itu, ia menjadi pemain termuda dengan usia 17 tahun 111 hari yang tampil pada laga persahabatan melawan Australia.

Piala Eropa 2004 menjadi turnamen resmi pertama yang diikuti Rooney bersama Inggris. Kecemerlangannya di kompetisi Liga Primer membuat posisinya tak tergantikan di lini depan Inggris hingga Piala Dunia 2014.

Namun, ketajaman Rooney mulai meredup seiring dengan perubahan posisi yang diinginkan pelatih Louis van Gaal. Selama musim 2015/16, Rooney acapkali difungsikan sebagai gelandang serang ketimbang striker murni.

Hodgson pun melanjutkan transisi Rooney di skuat Three Lions. Pemain kelahiran Liverpool itu mengemban peran gelandang serang menopang Harry Kane atau duet Jamie Vardy dan Daniel Sturridge di lini depan.

Kini, Rooney telah melakoni 115 pertandingan bersama timnas Inggris menyamai rekor caps yang pernah ditorehkan legenda Manchester United, David Beckham.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*