Ketika Klopp Mainkan Kiper sebagai Penyerang

Klopp 03

Jika kiper seharusnya beroperasi di gawang tim sendiri, maka tidak dengan Shamal George. Kiper akademi Liverpool itu malah bermain di kotak penalti lawan. Lho?

Kisah Shamal itu terjadi ketika Liverpool beruji coba kontra Huddersfield Town, Kamis (21/7/2016) dinihari WIB. Laga ini dimenangi Liverpool dengan skor 2-0 lewat gol Marko Grujic dan eksekusi penalti Alberto Moreno.

Untuk pertandingan ini, Liverpool rupanya tak membawa skuat penuh, hanya 18 pemain. Sialnya, ketika enam pemain cadangan sudah dimasukkan di pergantian babak, Liverpool harus melakukan pergantian lain untuk Lucas Leiva yang cedera di menit ke-67.

Nah, persoalan menjadi rumit karena satu-satunya pemain tersisa itu adalah seorang kiper. Dialah Shamal George. Padahal Lucas, pemain yang harus diganti, merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang.

Mulanya Manajer Liverpool Juergen Klopp sudah merencakan strategi untuk menghabiskan sisa waktu dengan 10 pemain. Tapi kemudian Klopp diberitahu untuk memainkan saja Shamal sebagai pemain outfield dan manajer asal Jerman itu menerima usulan tersebut.

“Mereka memberitahu saya dari bangku cadangan, setelah saya mengatur sistem dengan 10 orang. Mereka berkata ‘Ayolah, kita punya Shamal'”, ungkap Klopp di situs resmi klub.

“Cedera Lucas berarti kami mengubah formasi untuk menjadikan Shamal sebagai penyerang. Dia melakukannya dengan menakjubkan dan kami mencetak gol kedua.”

“Itu oke saja, tapi kami harus bertahan dengan sedikit lebih dalam dan itu sangat berat untuk para pemain,” imbuh pria 49 tahun ini.

Shamal sudah bergabung dengan Liverpool sejak 2009 lalu. Kiper kelahiran 6 Januari 1998 ini kemudian menjadi kiper reguler di level U18, sejak debutnya pada 2014/2015.

Usai pertandingan, Shamal langsung mendapatkan candaan dari media sosial. Dia mendapati sebuah foto yang menampilkan dirinya tengah memegang trofi FIFA Ballon d’Or, yang memang lebih dekat dengan figur-figur penyerang ketimbang seorang kiper. Tentu bukan foto dirinya asli, melainkan hasil ulah iseng seseorang saja. Shamal pun mengunggah ulang foto tersebut, mendapatkan 825 retweet dan 1.200 like sejauh ini.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*