Gian Zola Ungkap Kedekatan Luis Milla dengan Pemain

Gian Zola

Gelandang Persib Gian Zola Nasrulloh menuturkan jajaran pelatih timnas U-22 yang berasal dari Spanyol, yaitu Luis Milla, Eduardo Perez, dan Miguel Gandia memiliki hubungan dekat dengan pemain.

“Jadi kami tidak canggung ketika dekat dengan mereka,” ujar Gian di sela proses seleksi tahap ketiga pemain timnas Indonesia U-22, Karawaci, Tangerang, Selasa (7/3).

Menurut pemain berusia 18 tahun itu, para pemain memang harus dibantu penerjemah ketika berkomunikasi. Akan tetapi itu tidak menghalangi para pelatih itu bercerita tentang banyak hal, termasuk pengalamannya di dunia sepak bola.

“Pernah Milla mengobrol mengenai masa mudanya bagaimana. Lalu bercanda dengan Edu [Eduardo Perez]. Kami tertawa mendengarnya,” ungkap Gian.

Gian Zola sendiri saat ini ikut dalam seleksi ketiga timnas U-22. Dia juga ikut dalam seleksi tahap pertama. Pada tahap kedua Gian Zola absen karena harus membela Persib di semfinal Piala Presiden 2017.

Kiprah Gian Zola saat berada di lapangan pun dipuji Milla. Bahkan, juru taktik asal Spanyol itu berharap Gian Zola bisa memiliki prestasi membanggakan seperti mantan penyerang asal Italia, Gianfranco Zola.

“Saya harap Gian bisa mencapai level Gianfranco Zola. Saya pernah beruntung pernah berhadapan dengannya ketika masih muda. Zola itu pemain yang sangat bagus,” kata Milla.

Pendekatan demi pendekatan memang dilakukan Milla kepada pemain yang mengikuti seleksi. Bukan cuma antara dirinya dan pemain, hubungan antar-pemain juga dipererat demi menumbuhkan ikatan batin yang diperlukan saat bekerja sama dalam pertandingan.

Salah satu contohnya, para pesepak bola U-22 tersebut diketahui selalu makan bersama selama seleksi. Kemudian mereka juga diwajibkan selalu bertegur sapa ketika bertemu dengan sesama anggota tim.

Seleksi tahap ketiga digelar kurun waktu 7-9 Maret 2017. Pengumuman nama-nama yang lolos akan dilakukan pascaseleksi ketiga selesai atau setelah final Piala Presiden 2017 yang dijadwalkan Minggu (12/3). Mereka yang diumumkan kemudian bakal mengikuti pemusatan latihan jangka panjang.

“Pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan jangka panjang sebagian besar adalah yang dipanggil seleksi ketiga,” ujar Milla di Karawaci, Tangerang, Banten, Selasa.

Dari 26 nama yang dipanggil seleksi ketiga, hanya ada tiga nama baru yang belum pernah ikut dua seleksi sebelumnya. Ketiga pemain itu adalah Henhen Herdiana dari Persib Bandung, gelandang Terens Puhiri (Pusamania Borneo FC) dan penyerang Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC).

Sementara Nazar Nurzaidin (Barito Putera), Paulo Oktavianus Sitanggang (Barito Putera) dan Yabes Roni Malaifani (Bali United) dimasukkan ke daftar seleksi untuk menggantikan dua pemain Bhayangkara FC, I Putu Gede Antara (Bhayangkara FC) dan Muhammad Hargianto.

I Putu Gede dan Muhammad Hargianto absen karena harus mengikuti pelantikan sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia. Sementara itu Bagas Adi Nugroho (Arema FC) yang tidak bisa ikut seleksi karena cedera.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*