Menanti Aksi ‘New Thierry Henry’ Lawan Manchester City

Kylian Mbappe 1

Sosok Kylian Mbappe menjadi sorotan jelang laga leg dua babak 16 besar antara AS Monaco dan Manchester City.

Pemuda berusia 18 tahun itu adalah sosok yang pantas diwaspadai barisan pertahanan ManCity. Itu telah ditunjukkan Mbappe pada leg pertama yang berlangsung di Manchester, 21 Februari 2017.

Pada pertemuan leg pertama, Mbappe berhasil mempecundangi barisan pertahanan dan kiper ManCity kala itu, Willy Caballero lewat gol jarak dekat setelah bebas dari jebakan offside di menit ke-40.

Bukan hanya itu, CNNIndonesia.com mencatat setidaknya ada 12 pergerakan atau aksi manuver Mbappe–termasuk golnya–yang merepotkan pertahanan Chelsea yaitu tujuh di babak pertama dan tiga di babak kedua.

Dalam hal statistik, Mbappe pun bukan sosok muda semenjana di lini depan. Dari 30 penampilannya bersama Monaco, Mbappe telah mencetak 16 gol–10 gol di antaranya ditoreh dari 21 penampilan (11 kali jadi starter) di liga domestik Perancis, Ligue 1. Selain itu, Mbappe pun sudah menyumbang 10 assist bagi timnya.

Hal itu membuat Mbappe mencatatkan rekor istimewa yakni pemain termuda yang setidaknya mampu mencetak 10 gol di Liga Perancis dalam satu musim. Sembilan dari 16 gol di antaranya dicetak dalam delapan penampilan terakhir.

“Dia mengingatkan saya pada Thierry Henry saat masih muda yang terlihat sama pintar dengannya,” puji Manajer Arsenal yang juga berasal dari Perancis, Arsene Wenger dikutip dari AFP.

“Mereka berdua memiliki kualitas intelegensi yang sama dalam pergerakannya dan penyelesaian seperti kucing [menyergap tikus],” sambung Wenger.

Kebetulan pula Henry yang saat ini merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Arsenal itu pun meniti karier juniornya dari AS Monaco pada 1994 silam. Sempat mengadu nasib di Juventus pada 1999, karier Henry lalu diselamatkan Wenger saat dibawa ke Arsenal pada tahun yang sama.

Penyandingan nama Mbappe dengan Henry pun diakui pula bintang Perancis yang bermain untuk Manchester City, Bacary Sagna.

“Mbappe adalah pemain yang sangat bagus. Sekarang dia dibandingkan dnegan Thierry Henry dan dia memang bermain seperti dirinya,” tukas Sagna seperti dikutip dari Express.

Namun, Sagna yakin ia dan timnya bisa mengatasi Mbappe dkk pada laga leg kedua. Tak hanya itu, menurut Sagna, bintang-bintang muda Manchester City seperti Raheem Sterling dan Leroy Sane bakal mengilap dan meredam sinar Mbappe di pertemuan kedua.

Meski demikian, Sagna dkk mesti waspada mengacu pada kelengahan lini belakang ManCity pada leg pertama.

Selain itu, duel ini juga menjadi momen penting bagi penyerang asal Kolombia, Radamel Falcao, yang pernah mengadu nasib di Liga Inggris selama dua musim bersama Manchester United dan Chelsea.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*