Skenario Kelolosan Liga Champions

Liga Champions

Sudah delapan tim dipastikan lolos ke 16 besar Liga Champions. Dengan delapan tiket tersisa, ini skenario kelolosan dari masing-masing grup. Fase grup Liga Champions tinggal menyisakan satu matchday lagi. Rangkaian pertandingan terakhir itu akan dilangsungkan pada tanggal 5 dan 6 Desember waktu setempat.

Itulah kesempatan terakhir buat sejumlah tim untuk merebut delapan tempat sisa di babak 16 besar. Untuk beberapa tim lain, ini juga menjadi peluang untuk tetap bertahan di kompetisi antarklub Eropa, ke Liga Europa, dengan finis ketiga.

Berikut sejumlah statistik mengenai situasi saat ini dan skenario kelolosan di matchday keenam mendatang, seperti dirangkum UEFA.com.

– Sudah lolos: Barcelona*, Bayern Munich, Besiktas*, Chelsea, Manchester City*, Paris Saint-Germain, Real Madrid, Tottenham Hotspur* (*juara grup)

– Bisa lolos di matchday keenam:Atl├ętico Madrid, Basel, CSKA Moskow, Juventus, RB Leipzig, Liverpool, Manchester United, Napoli, Porto, Roma, Sevilla, Shakhtar Donetsk, Spartak Moskow, Sporting CP

– Tak bisa finis di posisi dua besar: Anderlecht, APOEL, Borussia Dortmund, Celtic

– Akan finis keempat: Benfica, Feyenoord, Maribor, Monaco, Olympiakos, Qarabag

Pertama : Skenario Kelolosan Grup A sampai Grup D

Grup A: Manchester United (12 poin) v CSKA Moskow (9), Benfica (0) v Basel (9)

1. MU akan lolos di posisi pertama dengan satu poin (juga kalah dengan enam gol dan tetap lolos). Jika MU kalah dari CSKA dan Basel tidak menang, MU dan CSKA akan lolos dengan posisi pertama ditentukan oleh hasil head to head di antara kedua tim; MU menang 4-1 di Rusia dan akan punya keunggulan selisih gol keseluruhan jika nanti kalah 1-4. Kalau CSKA dan Basel menang, dua teratas akan ditentukan lewat head to head di antara tiga tim; dalam situasi ini MU akan lolos terkecuali kalah dengan tujuh gol, dan akan ada di posisi pertama terkecuali kalah dengan selisih lima gol.

2. Basel akan lolos jika bisa melampaui hasil CSKA, atau jika kedua tim seri atau kalah, berkat keunggulan head to head. Kalau CSKA dan Basel sama-sama menang, dua teratas akan ditentukan lewat head to head di antara tiga tim, dan Basel bakal lolos terkecuali CSKA menang dengan selisih antara tiga dan enam gol secara inklusif.

3. CSKA harus meraih poin lebih banyak daripada Basel untuk memastikan posisi kedua (Jika kedua tim sama-sama menang, CSKA harus menang dengan selisih tiga gol untuk lolos dalam head to head di antara tiga tim dan selisih lima gol untuk finis kedua).

4. Benfica akan finis di posisi paling bawah.

Grup B: Bayern Munich (12) v Paris Saint-Germain (15), Celtic (3) v Anderlecht (0)

1. PSG dan Bayern sama-sama sudah lolos, dengan posisi teratas masih dapat diperebutkan. PSG memenangi pertemuan pertama dengan skor 3-0 dan juga memimpin selisih gol keseluruhan. Bayern harus menang dengan selisih empat gol agar bisa finis pertama.

2. Celtic dan Anderlecht sama-sama masih bisa finis ketiga. Di kandang sendiri, Anderlecht kalah 0-3 dari Celtic. Artinya Anderlecht harus menang dengan selisih tiga gol agar bisa menembus Liga Europa (dengan kemenangan 3-0, Anderlecht berhak finis ketiga berkat keunggulan selisih gol keseluruhan).

Grup C: Roma (8) v Qarabag (2), Chelsea (10) v Atletico Madrid (6)

1. Chelsea sudah lolos. Mereka akan memastikan posisi pertama dengan kemenangan atau jika Roma gagal menang.

2. AS Roma akan lolos dengan kemenangan, atau kalau Atletico tidak menang. Jika Roma menang dan Chelsea tidak, Roma menjuarai grup.

3. Agar bisa finis kedua, Atletico butuh kemenangan dan berharap Roma tidak dapat poin penuh (jika kedua tim sama-sama finis dengan sembilan poin, Atletico punya keunggulan head to head).

4. Qarabag akan finis di posisi paling bawah.

Grup D: Olympiakos (1) v Juventus (8), Barcelona (11) v Sporting CP (7)

1. Barcelona sudah lolos sebagai juara grup.

2. Juventus akan lolos dengan kemenangan, atau jika Sporting tidak mampu meraih poin penuh (jika kedua tim punya poin sama, Juve memiliki keunggulan head to head).

3. Untuk lolos Sporting harus menang dan berharap Juventus tidak meraih poin penuh.

4. Olympiakos akan finis di posisi paling bawah.

Kedua : Skenario Kelolosan Grup E sampai Grup H

Grup E: Maribor (2) v Sevilla (8), Liverpool (9) v Spartak Moskow (6)

1. Liverpool akan lolos dengan hasil seri, dan memastikan posisi pertama dengan kemenangan, atau hasil seri asalkan Sevilla tidak menang. Liverpool akan tersingkir jika kalah, terkecuali Sevilla juga tunduk (karena Liverpool ada di bawah Spartak dalam head to head di antara kedua tim atau akan ada di posisi ketiga dalam head to head di antara ketiga tim pada sembilan poin).

2. Sevilla akan lolos dengan hasil seri, atau kalau Spartak tidak menang. Sevilla memastikan posisi pertama kalau menang dan Liverpool tidak meraih poin penuh.

3. Spartak akan lolos dengan kemenangan atau finis di posisi ketiga dengan hasil lain. Jika Spartak menang, mereka akan finis pertama terkecuali Sevilla juga menang.

4. Maribor akan finis di posisi paling bawah.

Grup F: Feyenoord (0) v Napoli (6), Shakhtar Donetsk (9) v Manchester City (15)

1. Manchester City sudah lolos sebagai juara grup.

2. Shakhtar akan lolos jika mereka bisa menghindari kekalahan atau kalau Napoli tidak menang.

3. Napoli harus menang dan berharap Shakhtar kalah; dengan begini Napoli aan finis kedua berkat keunggulan head to head.

4. Feyenoord akan finis di posisi paling bawah.

Grup G: Porto (7) v Monaco (2), RB Leipzig (7) v Besiktas (11)

1. Besiktas sudah lolos sebagai juara grup.

2. Porto akan lolos jika menang, atau kalau setidaknya punya poin sama dengan Leipzig berkat keunggulan head to head (dalam hal selisih gol).

3. Leipzig harus meraih satu poin lebih banyak daripada Porto untuk finis kedua.

4. AS Monaco akan finis di posisi paling bawah.

Grup H: Real Madrid (10) v Borussia Dortmund (2), Tottenham Hotspur (13) v APOEL (2)

1. Spurs sudah lolos sebagai juara grup berkat keunggulan head to head atas Madrid.

2. Real Madrid sudah lolos sebagai runner-up grup.

3. Dortmund dan APOEL akan memperebutkan posisi ketiga. Jika kedua tim sama-sama meraih hasil seri, Dortmund akan lolos berkat keunggulan selisih gol di seluruh pertandingan. Kalau kedua tim sama-sama kalah atau menang, peringkat akhir akan bergantung pada jumlah gol dan kebobolan mereka di matchday keenam.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*