Pekan yang Gampang-Gampang Susah untuk Barcelona

9

Barcelona akan menghadapi tim papan bawah La Liga pada akhir pekan ini. Meski begitu, ada potensi Blaugrana akan terpeleset.

Barca akan menjamu Deportivo La Coruna di Camp Nou, Senin (18/12/2017) dinihari WIB, di jornada 16 La Liga. Jika melihat papan klasemen, laga ini seharusnya bukanlah laga sulit untuk Barca.

Barca saat ini memuncaki klasemen sementara dengan perolehan 39 poin dari 15 laga. Sementara itu, Deportivo terpuruk di peringkat ke-17 dengan 15 poin, hanya berjarak tiga poin dari zona degradasi.

Selain itu, Barca juga punya rekor nyaris sempurna di Camp Nou pada musim ini. Dari tujuh laga kandang di La Liga pada musim ini, tim asuhan Ernesto Valverde itu cuma sekali kehilangan poin, yaitu saat ditahan imbang Celta Vigo 2-2 di awal bulan ini. Enam laga lainnya menghasilkan poin penuh.

Akan tetapi, Barca tetap tak bisa memandang remeh Deportivo. Catatan pertemuan kedua tim menjadi pelajaran penting untuk Lionel Messi dan kawan-kawan.

Barca pernah ditahan imbang Deportivo di Camp Nou pada musim 2014/2015 dan 2015/2016, dua-duanya dengan skor 2-2. Setelah dua hasil imbang itu, Barca menghabisi Deportivo dengan skor 8-0 dan 4-0. Tapi, pada pertemuan terakhir, Barca menyerah 1-2 di markas Deportivo.

Pada pertandingan lainnya, tim peringkat kedua Valencia akan bertandang ke Eibar. Los Che tentu menargetkan poin penuh agar selisih dengan Barca, yang sekarang lima poin, tak melebar.

Valencia langsung bangkit setelah kalah 0-1 dari Getafe — kekalahan pertama mereka di La Liga musim ini– pada awal Desember. Mereka mengalahkan Celta 2-1 di kandang sendiri pada akhir pekan lalu.

Sementara itu, Atletico Madrid punya peluang besar untuk meraup poin maksimal akhir pekan ini. Atletico hanya akan menghadapi salah satu penghuni zona degradasi, Alaves.

Real Madrid, juara bertahan La Liga yang kini menempati peringkat keempat klasemen, tak akan bertanding di kompetisi domestik pada akhir pekan ini. Los Blancos sedang berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, untuk mengikuti Piala Dunia Antarklub, di mana mereka akan bertemu Gremio di final, Sabtu (16/12/2017).

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*