Juara Piala AFF U-16, Ini 4 Metode Kepelatihan Fakhri Husaini

Timnas Indonesia U-16 berhasil meraih gelar juara Piala AFF U-16 2018, setelah mengalahkan Thailand U-16 di partai puncak melalui drama adu penalti. Timnas Indonesia U-16 sendiri memang dinilai sangat layak menjuarai turnamen kelompok umur tersebut.

Hal ini lantaran, di sepanjang turnamen tim besutan Fakhri Husaini itu berhasil menyapu bersih kemenangan, kecuali di partai puncak, yang harus ditentukan melalui drama adu penalti.

Selain itu, Indonesia juga menjadi tim tersubur di turnamen tersebut. Di akhir turnamen, striker timnas Indonesia U-16, Bagus Kahfi keluar sebagai top skor, setelah berhasil mencetak total 12 gol.

Penampilan apik timnas Indonesia U-16 pun tidak lepas dari tangan dingin coach Fakhri. Pelatih kelahiran Lhokseumawe, Aceh itu pun menerapkan 4 metode kepelatihan kepada anak didiknya, yang dirangkum sebagai berikut:

Tegas Terkait Jam Malam dan Waktu Istirahat – Coach Fakhri dikabarkan memiliki peraturan yang sangat tegas, terkait jam malam dan waktu istirahat untuk anak asuhnya. Dia mewajibkan para pemain untuk masuk ke dalam kamarnya masing-masing ketika waktu sudah menunjukkan pukul 21:00-22:00.

Melebur dengan Pemain – Meskipun secara usia, coach Fakhri terpaut jauh dari anak asuhnya, namun dia mampu melebur dan bergabung dengan David Maulana dkk. Ketika sedang dalam suasana santai, coach Fakhri tidak ragu untuk bercanda bersama dengan anak asuhnya.

Menjaga Mental dan Psikologis Pemain – Coach Fakhri nampaknya mengerti benar bahwa perkembangan teknologi begitu pesat. Oleh sebab itu, dia membatasi anak asuhnya dari penggunaan gadget demi menjaga mental dan psikologis mereka. Dia hanya mengizinkan anak asuhnya menggunakan gadget pada pukul 09:00-11:00.

Beribadah Bersama – Sebagai seorang muslim, coach Fakhri juga sering melakukan ibadah sholat berjamaah dengan staf dan pemain timnas Indonesia U-23. Hal ini pun berdampak positif pada rohani pemain.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*