Pochettino Ungkap Van Dijk Aktor Utama Kebangkitan Liverpool

Pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino menyanjung bek Liverpool Virgil van Dijk jelang kedua tim bentrok pada pekan ke-32 Premier League di Anfield, Minggu (31/3/2019) malam WIB.

Sejak berseragam The Reds, bek asal Belanda itu memang belum pernah meraih satu trofi pun. Prestasi terbaiknya sejauh ini hanya mengantarkan Klub Merseyside itu ke final Liga Champions musim lalu sebelum dikandaskan Real Madrid 1-3.

Sejak kegagalan tersebut, penampilan Van Dijk menunjukkan konsisteni. Dia membantu skuat asuhan Juergen Klopp itu membuat 17 clean sheet di Premier League musim ini. Total, gawang Alisson Becker baru 18 kali kebobolan, serta menjadi yang paling sedikit dibanding kontestan lainnya.

Liverpool kini bercokol di peringkat kedua klasemen liga berbekal nilai 76, tertinggal satu angka dari Manchester City di puncak klasemen.

Tak hanya di kancah domestik, bek 27 tahun itu juga beringas di pentas Eropa dan membawa The Reds melaju ke perempat final usai mengandaskan Bayern Muenchen di babak 16 besar dengan agregat 3-1. Statistik itu yang membuat Pochettino kagum dengan pesona mantan pemain Southampton itu.

“Selalu ada pendapat yang berbeda. Tetapi bagi saya, jika dia bukan yang terbaik, maka dia salah satu bek tengah terbaik di dunia,” kata Pochettino kepada The Telegraph. “Ketika sebuah tim seperti Liverpool berinvestasi dengan membayar 75 juta poundsterling untuk bek tengah, itu sebuah hal gila. Tapi pilihan mereka benar. Mereka memilih Van Dijk, karena pada saat itu dia bek tengah terbaik Inggris yang bisa membuat mereka lebih baik,” ujar Mauricio Pochettino.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*